Wawancara Eksklusif karate bersama puspa melati

by : gemela zuniga

Pewawancara  :  menurut anda apakah bela diri itu ? (pertanyaan tertutup)

Narasumber     :  menurut saya bela diri itu adalah media dimana kalian belajar

untuk melindungi diri kita

Pewawancara   :  menurut anda apakah karate itu ? (pertanyaan tertutup)

Narasumber      :  karate.. kara itu tangan te itu artinya kosong jadi artinya

tangan kosong Menurut saya karate itu

dimana kamu harus menggunakan kaki dan Tangan

kamu sebagai pedang kamu dalam bertarung dan bertahan.

Pewawancara   :   apa yang membuat anda tertarik dengan karate ? (pertanyaan terbuka)

Narasumber      : sebenarnya pertama kali saya  itu, sangat tertarik dengan

taekwondo. Tetapi, karena masalah keselamatan. Ayah saya

tidak mengizinkan saya Mengikuti taekwondo.

Oleh karena itu, ayah saya mengikutsertakan saya menjadi

salah satu anggota karate. Awalnya saya merasa karate itu

Menjadi beban saya dan saya ikut karate karena terpaksa. Tapi,

setelah  saya coba ternyata karate itu sangat asyik dan

benar benar keren.

Pewawancara      :  apa manfaat dari karate itu sendiri ? (pertanyaan terbuka)

Narasumber         :  kalau manfaatnya itu sendiri, itu bisa jadi salah satu

penghibur saat kita lagi kesal atau stress,

kita bisa melampiaskan rasa kesal atau stress

Pewawancara        :   adakah manfaat yang lain ? (pertanyaan langsung dan reflektif)

Narasumber            :    ada.  selain itu manfaatnya yaitu menjadikan kita lebih

bertanggung   Jawab Dan disiplin

membuat kepemimpinan kita akan lebih baik

Pewawancara        :   didalam karate itukan ada komite dan kata? Bisakah anda

jelaskan apa  Komite dan kata?

Lalu apa beda keduanya ?  (pertanyaan ganda)

Narasumber           : Kata itu adalah kumpulan gerakan dari kihon, jadi kihon itu

adalah gerakan  dasar seperti pukulan atau tangkisan. Setiap

perpindahan itu ada fungsi   tersendiri,seperti menendang,

memukul, menangkis lebih mengutamakangerakan. Kalau

komite itu  tentang fighting  atau bertarung. menggunakan

tangan dan kaki untuk menjatuhkan  lawan. Komite itu lebih

mengarah ke survive atau pertahanan. Tidak harus

memikirkan kemenangan tapi bagaimana kamu bisa

bertahan menghadapi lawan kamu. Jadi,perbedaan nya kata

itu mengenai seni gerakannya kalau komite itu mengenai

 fighting dan survive kamu terhadap lawan.

Pewawancara       : apa saja nama gerakan gerakan didalam karate ? terutama

dalam kata ? (pertanyaan terbuka)

Narasumber         : ada 36 gerakan tapi saya hanya sebutkan beberapa

ada kanku-dai, tekki sodang, masaito, basa-dai, yanidan,

yansedan, yondan dan godan

Pewawancara       :   Apakah nama gerakan yang paling disukai dan sangat

dikuasai? (pertanyaan terbuka)

Narasumber          :    masa-dai. Menurut saya kalau masa-dai itu gerakannnya

mudah untuk dikuasai karena gerakannnya hanya ada 32

gerakan. Pokoknya keren.

Pewawancara         : apa susah dan senengnya di karate ? (pertanyaan terbuka)

Narasumber           :  kalau susahnya itu, kita harus bertahan dan dari

Akhir sampai awal.  Dan kita juga tidak boleh mengeluh.

Kalau senengnya, karate banyak memberi manfaat dan

anak-anak Karate itu mudah diatur karena

kedisiplinannya bagus.

Pewawancara          : bagaimana proses kenaikan sabuk ? (pertanyaan terbuka)

Narasumber           : berdasarkan tingkat sabukknya. Jadi kalau dia putih berarti

Gerakan dasar. Kalau sabuk kuning beberapa kata, kalau

sabuk hijau sudah mulai komite yang tetap ditempat. Sabuk

biru Komite nya sudah aktif sudah tidak monoton.

prosesnya yang setiap group nya ada 3 Orang. setiap baris

guru nya akan memantau dan Sangat teliti, satu persatu

dan pengumuman kenaikan sabuk Biasanya akan

diumumkan beberapa hari setelah ujiannya.

Pewawancara     : bagaimana perasaan anda saat mengikuti pertandingan

karate ?

Narasumber      :  pertandingan itu adalah pertandingan saya dalam lomba yang

Pertama kalinya.  Saya jadi juara ketiga dan perasaan saya

sangat senang dan sangat bangga. Apalagi pertama kali, saya

sangat gugup tapi setelah diatas pentasnya saya merasa tidak

ada orang dan hanya ada saya dan lawan saya itu.

Pewawancara        : pernahkah anda mengalami cedera fisik ?

Narasumber            : belum pernah Mengalami nya dan saya itu selalu menjaga

Keselamatan saat berlatih karate.

Pewawancara        : bagaimana harapan anda untuk kemajuan bela diri karate

Untuk kedepannya ?

Narasumber            : saya berharap, untuk kedepannya karate, akan semakin

banyak generasi muda mengikuti karate. karate lebih

Berjaya dan Lebih banyak mencetak prestasi. Semakin

eksis untuk karate. hosh.

Tinggalkan Balasan

