TUGAS BAHASA INDONESIA (PROPOSAL)

by : gemela zuniga

  1. 1.     Latar belakang

SMAN  Sumatera selatan Sampoerna Academy adalah salah satu sekolah di sumatera selatan yang tepat tahun ini  telah merekrut siswa baru sebanyak 170 orang. Sekolah yang memberikan beasiswa penuh bagi setiap siswanya ini, menerima siswa siswi dari berbagai daerah, baik di dalam sumatera dan luar sumatera. sebagian siswa yang merupakan siswa dari daerah di luar sumatera, adalah siswa yang datang dari jakarta, bali, dan daerah lainnya. Sekolah bersistem asrama ini, memberikan peran besar bagi para guru dalam membimbing dan mengontrol kegiatan para siswanya . Baik di dalam kegiatan belajar mengajar maupun di luar kegiatan belajar mengajar.

Ekstakuriler adalah salah satunya, yaitu kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar, dengan adanya kegiatan ekstakulikuler baik dalam bidang olahraga atau bidang seni, mereka dapat mengekspresikan diri mereka setelah melalui hari-hari yang hanya menyentuh buku pelajaran. Karena itulah mereka sangat memerlukan hiburan dan menyibukkan diri mereka dalam kegiatan yang berbeda dari sebelumnya yaitu kegiatan yang telah mereka lakukan secara rutin dengan menjadikan kegiatan tersebut sebagai media dalam mengembangkan bakat serta ajang dalam menampilkan bakat yang mereka miliki.

Hal inilah yang mendorong para siswa aktif dalam membuat kegiatan dan projek besar agar dapat dilaksanakan secara bersama-sama. Selain bermanfaat bagi diri mereka sendiri, mereka juga dapat berbagi manfaat yang sama kepada sesama atau siswa yang bersekolah di luar sman sumatera selatan sampoerna academy. kegiatan besar yang diadak setahun sekali ini adalah “school production” yang untuk kedua kalinya akan dipentaskan kembali dengan mengangkat cerita rakyat dari salah satu daerah di nusantara. Dengan aktor dan aktris dari sman sumsel sampoerna academy yang tak kalah menakjubkan dari yang sebelumnya serta cerita yang dikemas secara lebih menarik yang membuat para penonton lebih terkesima.

kegiatan ini juga merupakan kegiatan pengumpulan dana untuk membantu perbaikan beberapa perpustakaan sekolah dasar di Palembang dan akan diberikan terhadap saudara saudara kita yang kurang mampu.

Dana anggaran dan biaya untuk pementasan membutuhkan bajet yang cukup besar  agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar, karena itulah diperlukan kerjasama antara kami dan pihak sponsor agar kegiatan ini terpenuhi dan berjalan dengan baik. Kami harap kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi SMAN sampoerna academy dan pihak sponsor . serta dapat mempererat tali persaudaraan baik dalam kerjasama ini maupun di luar dari kerjasama.

  1. 2.     Tujuan

. a. memberikan hiburan kepada masyarakat

b. sebagai salah satu dalam kegiatan amal.

C. menjalin persahabatan dengan siswa dari sekolah lain

d. mempererat tali silatuhrahmi

e. mengajak saudara saudara kita yang kurang mampu ikut menonton

f. mengembangkan dan menampilkan kemampuan yang dimiliki

 

3. Nama Kegiatan

Drama musikal dengan judul “jayoparna dan layonsari”

4. Tema

“membangun pendidikan anak bangsa dengan melestarikan cerita nusantara.”

5.Pelaksanaan Kegiatan

Hari ,tanggal : minggu, 21 oktober 2012

Pukul : 09.00-selesai

Tempat : gedung graha budaya jakabaring Palembang

6.Peserta

Dalam kegiatan besar ini para peserta diperbolehkan dari kalangan siapa saja. Baik kalangan masyarakat, siswa smp, sma, dan mahasiswa serta dosen sekalipun.

7.Panitia Penyelenggara

Semua siswa dan siswi sman sumatera selatan sampoerna academy terlibat dalam pementasan. Walaupun masih dalam pengawasan guru

8. Sumber Dana

-sponsor

-penjualan tiket

-penggalangan dana

 

9. Total biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan ini :

Rekapitulasi Dana:
1 Make Up Rp7.000.000
2 Outfit Rp9.000.000
3 Teknisi Rp35.000.000
4 Marketing Promotion Rp15.000.000
5 Properties: Rp30.000.000
6 Refreshment Rp15.000.000
7 Trainner Rp5.000.000
8 Aksesoris Rp3.000.000
9 Dokumentasi Rp8.000.000
Total Rp127.000.000

10. Penutup

Proposal ini dibuat sebagai kerangka sederhana untuk menjalankan kegiatan besar ini. Akhirnya dengan kerendahan hati dan penuh pengharapan kami mohon kepada semua golongan dan pihak sponsor hendaknya berpartisipasi dan ikut membantu baik secara finansial atau dukungan moral (persetujuan) agar kegiatan dapat berjalan secara lancar dan terkendali. Sehingga manfaat yang didapat sangat berguna sekali, untuk kita dan sesama. Dengan adanya kerjasama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin melalui pertunjukkan drama musikal ini. Diharapkan kerjasama dan tali silatuhrahmi kita semakin kuat. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Palembang, 08 oktober 2012

Mengetahui,                                                                                      Ketua Pelaksana,

Kepala Sekolah,

Dra. Erma Retnowati, M.M.                                                         Yenni Lidyawati, S.Pd.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s