SOLO CAMP IS MANTAAAAP !

OLEH : GEMELA ZUNIGA

Isu solo camp sudah merebak lima minggu sebelum hari “H” karena itulah anak-anak kelas sebelas hingar bingar kayak di pasar. 2 minggu setelah isu, anak-anak makin hingar bingar. banyak yang bilang, BLACKLIST bakal berlaku dan sederet nama yang bermasalah bakal ngerasaain HELL-nya TNI. ada juga yang bilang, setiap anak bakal bikin tenda nya sendiri pake daun.batang,akar dan apa aja yang ada dialam. dan cerita kakak kelas sebelumnya, yang pernah ikut solo camp juga, mereka bilang “minumnya air sumur, nggak ada mandinya selama tiga hari, dan bakal ada banyak pendidikan TNI yg diajarin disana.”

Waktunya pun tiba, tepatnya seminggu yang lalu. 18 oktober 2012. anak-anak SA kelas sebelas udah siap pas “TENGGG” jam 6 pagi didepan office. semua sudah lengkap sama baju,celana,topi, dan tas masing-masing. satu jam kemudian baru lah menuju tempat yg dimaksud, yaitu LANUT.

Cerita pertama, gue yakin anak-anak kelas sebelas SA bakal mengingat kembali apa yang udah di alamin seminggu yang lalu. TIGA HARI, yg berkesan tapi mereka pasti bilang “SUMPAH CUKUP SEKALI DOANG DI HIDUP GUE!” walau ga semuanya bilang gitu. Hari pertama, gue mulai kisah SOLO CAMP ini dengan semangat yang membara-bara. setelah sampe di LANUT. kita mulai memasuki lapangan dengan wajah yang alhamdulillah nggak deg-degan banget. kita udah prediksi hal-hal yang bakal terjadi selama SOLO CAMP di lanut ini. tapi hal yang paling nggak nyangka waktu itu adaLah suara BOM yang meledak tiba-tiba. banyak anak-anak terutama anak cewek yang ngucap-ngucap “ASTAGFIRULLAH, ASTAGFIRULLAH!” ternyata bunyi bom tersebut meminta kita buat TIARAP! si mentor pada marah-marah. karena kita nggak ngerti, soalnya para mentor bilang “CEPAT MENGHILANG”

“CEPAT MENGHILANG” YANG DIMAKSUD ITU APA SIHHH? nah, jadi kenapa si mentor pada marah-marah, itu karena kita disuruh buat TIARAP! tapi kita malah kebingungan, banyak yang ngira CEPAT MENGHILANG itu, disuruh ngumpet dimana gitu. lanjut, kita disuruh jalan jongkok (melatih kerja sama), latihan baris berbaris dan HIKING yng bener-bener jauh! dan ada lagunya yang judulnya LONG MARS!
kita bener-bener dilatih buat jadi ANAK-ANAK YANG TAHAN BANTING! dan gue akui, itu adalah PERJALANAN YNG BENER-BENER MENGURAS TENAGA, PIKIRAN DAN AIR MATA.

Setelah sampe kedalam hutan, kita langsung di minta untuk membuat tenda dengan ponco yang udah disediain sekolah. setiap grup, dibagi berdasarkan HOUSES! nggak lebih stengah jam kita lagsung disuruh kumpul dan ga pake lama. banyak tenda yang belum jadi seutuhnya.karena itu, para mentor  akhirnya berbaik hati memberi waktu tambahan buat memperbaikin si tenda dan masak untuk makan siang. inilah part yang nggak pernah gue lupain. setelah siap sama tend,a grup gue juga udah siap sama nasi dan telor goreng. setelah bikin tenda dan pembersihan sekitar tenda, kita udah harus siap-siap buat makan. dengan tangan yang kotor tadi kita harus campur nasi yang putih bersih untuk ngeganjel perut yang laper. sebenernya sih gue biasa aja sama yang begituan tp yang ga gue lupain dan gue nyangkain ternyata nasi yang segunug itu abis sama anak-anak cowok. walau tangan mereka penuh sama kuman-kuman yang mereka bilang “BAKAL JADI VITAMIN KOK”

Cerita terus berlanjut, saat malemnya gue ga bisa bohong tentang ceramah atau consolidation atau apalah itu, bener-bener bikin gue ngantuk, karena regulasinya kita ga boleh ada yang tidur, terpaksa gue nyubit-nyubit pipi sendiri. setelah itu kita masih nggak boleh tidur. diem di dalem tenda yang didalemnya bisa masuk lima sampe enam orang. jam sebelas lewat kita baru boleh tidur dan esok harinya gue rasa badan gue pegel-pegel semua. mungkin karena gue tidur yang beralas tanah.

Hari kedua, paginya, kita siap buat gym. tapi gue rasa gue nggak kuat, selain gue ternyat ada tiga anak cewek lainya yang ga kuat buat lari pagi. setelah lari pagi, saatnya cek sense of belonging.empat anak cowok termasuk salah satu anggota grup gue, kehilangan sepatunya sebelah kiri, itulah yang menyebabkan dia meminjam sepatu gue waktu lari pagi. dan empat cowok itu dipanggil kedepan untuk menerima hukuman dan ocehan para TNI. salah satu contoh yaitu anggota grup gue yang harus gigit sepatunya sendiri yang menyebabkan anggota grup lainnya harus merasakan bau sepatu tersebut. hari kedua kami akan berangkat menuju hutan yang lainnya. dengan menggunakan pengarahan kompas yang telah diberikan. kami siap menuju tempat yang akan dituju, tapi sayangnya kami menembak arah yang salah dan diminta untuk push up lima belas kali. sembari anak-anak cowok melaksanakan ibadah sholat jumat, kami diminta untuk menyiapkan makan siang dan mengambil apa saja yang ada dihutan untuk pembuatan tenda alam. bambu, kayu, daun-daun, akar dan lainnya untuk pembuatan tenda telah siap untuk mendirikan tenda alam tersebut. sorenya, para TNI sudah menyiapkan “acara” lainnya yaitu “PENGAMBILAN SLAYER KEBANGGAAN HOUSE” saat itu gue diminta jalan jonggok dan tiarap seperti biasanya. dan berkata “SAYA TELAH MENDAPATKAN SLAYER KEBANGGAAN HOUSE SAYA” sambil berlari mengitari lapangan hutan.

Malam harinya kita harus menampilkan yel-yel dari setiap grup. dan kali ini bone fire diadakan untuk kedua kalinya di LANUT, setelah yang pertama diadakan di LEADERSHIP CAMP, beberapa bulan sebelumnya. tepat jam 11 malem, anak-anak harus siap masuk tenda. kisah lucu bermulai di grup. tenda ada dua, tapi yang satunya buat nyimpen tas-tas. sedangkan kami orang sebelas, cowok dan cewek harus berkubang di satu tenda. sekitar jam dua, kita dibangun tiba-tiba, anak-anak di grup gue, udah antisipasi buat tidur ayam. dan prediksi tepat banget, akhirnya kita dibangunin, dan mulai lah pengecekan sense of belonging. anak-anak yang tidur kepulesan, banyak barang-barang mereka yg pada diambil. hukuman pasti selalu ada. acara selanjutnya adalah ekspedisi gaib (yang gue namain sendiri), buat cowok mereka harus mengitari KUBURAN sendirian, sedangkan cewek harus punya pasangan. gue nggak tau harus ketawa atau cekikikan, hantu yang gue kira kayak di tipi-tipi ternyata punya suara yang lebih berat dari biasanya dan merupakan penunjuk arah balik ke hutan.

Pagi harinya, tepat 10 pagi, kami sudah siap untuk melakukan pemasangan pin dan melakukan penyamaran. PENYAMARAN?? apa lagi sih maksudnya, jadi sebelum pulang, wajah kita harus dilumurin sama areng kayak penyamaran TENTARA. lalu kita melakukan perjalanan balik ke asrama dengan hati yang puas dan siap menampilkan yel-yel yang dibuat selama solo camp! KAMI BERHARAP SETELAH SOLO CAMP INI KAMI  BISA MENJADI ANAK HARAPAN BANGSA INI YANG BERBAKTI UNTUK INDONESIA🙂 ! siaaaaap !!!

Behind the scene :
1. pasukan odol

2. “mintak lauknya”

3. “nasi kami belum masak”

4. “kami malas mandi”

5. “regu, ikuti dandru”

6. mbeeeek

dan lainnya …..😀

(SOLO CAMP..SOLO CAMP..SOLO CAMP MANTAAAAAP !)

Tinggalkan Balasan

