Apakah indonesia telah berdaulat dari dalam dan luar?

by : Gemela Zuniga

kedaulatan merupakan kekuasaan absolut atau tidak terbatas untuk memaksakan kepatuhan (biasanya terhadap hukum dan undang-undang yang berkalu). dalam terbentuknya sebuah negara yang berdaulat, pastilah ada para pelaksanaannya. para pelaksana tersebut adalah para pemerintah yang berdaulat dan para rakyat yang mereka pimpin, dalam pelaksanaannya pemerintah yang berdaulat sebagai orang yang mempunyai kekusaan berhak mengatur negaranya dan membuat peraturan untuk dipatuhi oleh rakyatnya.
kembali lagi pertanyaan yang ada diatas, bicara mengenai telah berdaulat atau tidaknya, indonesia belum bisa dikatakan sebagai negara yang berdaulat,pemerintah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, belum mampu membentuk indonesia sebagai negara yang berdaulat.
dan mengenai kedaulatan ke dalam, kedaulatan kedalam adalah kekuasaan pemerintah itu diakui dan mempunyai wibawa terhadap rakyatnya. contohnya, presiden kita yaitu Susilo Bambang Yudhoyono sebagai orang yang mempunyai kekuasaan tertinggi dinegara ini, dapat mengatur segala bentuk dan tata cara hukum di negara ini. dan beliau berhak mengangkat para DPR dan para anggota badan-badan negara lainnya. beliau tentu berhak membuat peraturan agar dipatuhi rakyatnya, namun terkadang belum mampu mengikuti peraturan yang ada.

lalu, bagaimana dengan kedaulatan keluarnya? kedaulatan keluar adalah kekuasaan pemerintah untuk mempertahankan kemerdekaan dari campur tangan dan ancaman-ancaman dari negara lain. dan berhak mengadakan hubungan diplomatik dengan negara lain. contohnya TKI dan TKW yang bekerja diluar negeri. mereka selain sebagai devisa negara mereka juga sebagai penjalin hubungan antara indonesia dan negara yang mereka tinggali. contohnya Indonesia dan Arab saudi. tapi yang terjadi, TKW indonesia yang bekerja disana mengalami penganiayaan oleh majikan mereka. memang pengiriman TKW ke luar negeri dapat menjalin hubungan kerja sama namun pemerintah ternyata belum mampu melindungi para TKW yang bekerja sebagai devisa negara.

jadi intinya indonesia belum terbentuk menjadi negara yang berdaulat. dan pemerintah belum mampu melakukan hal tersebut sebagai penguasa tertinggi di indonesia. MERDEKA!!

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s